Rabu, 22 Desember 2010

SII (Strategy of Information Integration)

apa itu SII? dan apa kegunaan SII? disini penulis akan coba menjawab dua pertanyaaan tersebut...

Strategy of Information Integration atau yang sering dikenal dengan SII adalah sebuah strategi yang sering diambil oleh para praktisi informasi yang digunakan untuk mengintegrasikan sejumlah sistem informasi yang berbeda. dimana biasanya hal ini sering terjadi pada saat penggabungan satu atau dua institusi pemerintah atau saat terjadi kerjasama program berbasis lintas sektoral.

untuk menggunakan SII dibutuhkan tahapan-tahapan yang antara lain adalah

1. Eksploitasi Kapabilitas Lokal
pada tahap ini dilakukan pengembangan maksimal dari suatu sistem guna mengetahui batas batasan maksimal dari sistem tersebut.

2. Lakukan Integrasi Tak Tampak
pada tahap ini para petingginya atau CIO-nya (CIO = Chief Information Officer) melakukan diskusi yang bertujuan untuk menemukan jalan keluar pemunuhan kebutuhan yang ada.

3. Kehendak Berbagi Pakai
pada tahap ini dilakukan evaluasi untuk menemukan seberapa efisien dan optimumkah solusi yang telah diambil dari tahapan sebelumnya.

4. Redesain Arsitektur Proses
pada tahapan ini dilakukan pencarian solusi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan atau publik. sebagai contoh, proses yang cepat, berkualitas, dan murah adalah dambaan para pelanggan.

5. Optimalkan Infrastruktur
pada tahap ini dilakukan optimalisasi pada sistem informasi yyang saling terintegrasi.

6. Transformasi Organisasi
pada tahap ini akan terjadi perubahan atau mengalami pembaruan dimana sejumlah hal baru akan tumbuh menggantikan sesuatu yang telah lama dianut.

dari penjelasan diatas, penulis menarik kesimpuan bahwa keguanan dari SII adalah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas suatu organisasi terhadap pelanggan atau publik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar