Rabu, 24 Februari 2010

Teknologi Game

Game Teknologi
Game diambil dari bahasa Inggris yang diterjemahkan yang artinya permainan. Di dalam era perkembangan teknologi yang pesat ini, seperti halnya permainan kartu, catur, dan lain-lainnya dapat ditemui melalui dunia virtual atau yang biasa kita mainkan di dalam komputer. Dengan perkembangan teknologi sekarang ini muncul lah berbagai macam sarana permainan, misalnya Playstation 3, Xbox 360, Nintendo Wii, PSP, Nintendo DS, maupun PC dari yang berbasis individu ataupun multiplayer.
Tahap-tahap Pembuatan Game
Ada beberapa tahap-tahap dalam pembuatan game yaitu :

Pre-Production
Fase awal perkembangan permainan sering ditandai oleh rendahnya kualitas grafis. Hal ini benar terutama dari berbagai permainan prototipe. Produsen game bekerja selama pra-produksi umumnya terkait dengan perencanaan jadwal, anggaran & memperkirakan tugas dengan tim. Melakukan Produser ini bertujuan untuk membuat rencana produksi padat sehingga produksi dapat dimulai bila diperlukan tanpa penundaan.

Production
Produksi mainstream biasanya didefinisikan sebagai periode waktu ketika proyek sepenuhnya staf. Pemrogram menulis banyak kode sumber baru, seniman mengembangkan aset permainan seperti sprite atau, lebih sering hari ini, model 3D unsur permainan. Suara insinyur mengembangkan efek suara dan komposer musik untuk mengembangkan permainan. Desainer menciptakan tingkat lanjutan dan mata-tingkat penangkapan, dan penulis menulis dialog untuk cutscenes dan NPC.
Sementara itu, perancang permainan menerapkan dan memodifikasi desain permainan untuk mencerminkan visi permainan. Fitur dan tingkat sering dihapus atau ditambahkan. Perawatan seni dapat berkembang dan backstory mungkin berubah. Platform baru dapat ditargetkan serta demografis baru. Semua perubahan ini harus didokumentasikan dan tersebar ke seluruh tim. Sebagian besar perubahan terjadi sebagai pembaruan dokumen desain.
Dari sudut pandang waktu, permainan tingkat pertama mengambil terpanjang untuk dikembangkan. Tingkat sebagai desainer dan seniman menggunakan alat-alat untuk bangunan tingkat, mereka meminta fitur dan perubahan ke dalam rumah-alat yang lebih cepat dan memungkinkan untuk pengembangan kualitas yang lebih tinggi. Memperkenalkan fitur baru dapat menyebabkan tingkat lama menjadi usang, sehingga tingkat awal dikembangkan dapat berulang kali dikembangkan dan dibuang. Karena lingkungan dinamis pembangunan permainan, desain tingkat awal dapat juga berubah seiring waktu. Hal ini tidak jarang meng-habiskan lebih dari dua belas bulan pada satu tingkat permainan yang dikembangkan selama tiga tahun. Kemudian tingkat dapat dikembangkan jauh lebih cepat sebagai set fitur lebih lengkap dan visi permainan yang lebih jelas dan lebih stabil.

Testing (Pengujian)
Staf pengujian paling banyak diandalkan pada akhir proyek, karena mereka tidak hanya perlu untuk menguji fitur baru ditambahkan, tingkat dan perbaikan bug, tapi mereka juga perlu melakukan pengujian regresi untuk memastikan bahwa fitur-fitur yang telah di tempatnya selama berbulan-bulan masih beroperasi dengan benar. Hal ini juga sering saat ketika fitur dan tingkat sedang selesai pada tingkat tertinggi, sehingga ada lebih banyak materi baru yang akan diuji daripada waktu lainnya dalam proyek. Pengujian regresi merupakan salah satu tugas yang paling penting yang dibutuhkan untuk pengembangan perangkat lunak yang efektif.

Penyelesaian
Setelah permainan berjalan emas dan kapal, beberapa pengembang akan memberikan waktu kompensasi anggota tim (mungkin sampai satu atau dua minggu) untuk mengkompensasi lembur dimasukkan ke dalam untuk menyelesaikan permainan, meskipun kompensasi ini bukan standard.

Pemeliharaan
Konsol game dulu dianggap 100% lengkap jika dikirimkan dan tidak dapat diubah. Namun, dengan pengenalan-enabled online konsol seperti Xbox 360, PlayStation 3 dan Wii sebagian besar permainan menerima patch dan perbaikan setelah pertandingan dikirim karena bug dan masalah-masalah kecil, seperti PC games.
Sementara konsol game dapat dikembangkan untuk sebuah himpunan berhingga komponen, PC games dapat memiliki konflik dengan berbagai konfigurasi hardware pengguna dapat mempekerjakan. Pengembang mencoba untuk menjelaskan konfigurasi yang paling umum, tetapi tidak dapat mengantisipasi semua sistem yang mungkin permainan mereka mencoba. Merupakan penerapan umum untuk permainan komputer pengembang untuk merilis patch untuk permainan setelah mereka kapal (sering berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun kemudian). Patch ini digunakan untuk dikirimkan kepada pengguna melalui floppy disk, tetapi sekarang umumnya tersedia untuk di-download melalui situs web pengembang

Duration (Durasi)
Permainan paling modern mengambil dari satu sampai tiga tahun untuk menyelesaikannya. Panjang pembangunan tergantung pada sejumlah faktor, seperti genre, skala, platform pengembangan dan jumlah aset.
Sebagai contoh, sebuah permainan puzzle yang sederhana dengan menggunakan grafik 2D akan jauh lebih sedikit waktu untuk mengembangkan dari peran komputer-playing game dengan 3D meledak penuh mesin.
Pertimbangan lain adalah penggunaan mesin permainan middleware. Mengembangkan 3D mesin dari bawah ke atas membutuhkan jauh lebih banyak waktu daripada menggunakan Cots (komersial, off-the-rak) middleware ada paket (seperti Gamebryo atau RenderWare). Sebagai contoh, Gas Powered Games mengembangkan sebuah mesin 3D kustom untuk permainan mereka Dungeon Siege. Pengembangan waktu tiga tahun. Gamebryo Firaxis menggunakan mesin permainan untuk permainan mereka Sid Meier’s Pirates! yang dikembangkan di di bawah dua tahun.


Teknologi atau aplikasi yang digunakan dalam pembuatan Game
SDK (Software Development Kit)
SDK (Software Development Kit) dari DirectX untuk menciptakan game dengan memanfaatkan fungsi-fungsi DirectX yang disediakan. Pada dasarnya, game itu sendiri merupakan sebuah aplikasi komputer, yang ditulis dengan script atau bahasa pemrograman, di balik sebuah game yang menghadirkan kesenangan dan kenyamanan bermain, terdapat ribuan bahkan jutaan kode program yang membentuknya. Game dapat ditulis dengan bahasa pemrograman yang umum dan telah dikenal seperti Visual Basic, C, Java, Delphi, Phyton, dan lain sebagainya.

Game Maker
Game maker merupakan suatu program yang bisa dikatakan cukup simple dan mudah untuk digunakan. Dengan program ini anda dapat menciptakan game jenis apa saja yang anda inginkan seperti: racing,action,fighting,rpg,adventure,puzzle,tactic,simulation,dll. Program ini lebih focus pada game berjenis 2D tetapi program ini juga menyediakan feature yang memungkinkan anda untuk membuat game jenis 3D ,namun anda tidak bisa membuat game sekelas “Halo”, ”Empire Earth”, “Need for Speed”, dengan program ini. Karena feature 3D yang diberikan hanya untuk membuat game 3D yang sederhana. Script yang dipakai adalah GML (Game Maker Language) yang juga bisa dipadukan dengan programming language seperti Delphi,C,dan sebagainya,hal ini bisa dilakukan dalam kapasitas penggunaan DLL (Dynamic Link Library,berupa semacam plugin yang mengandung fungsi-fungsi yang tidak dimiliki oleh GameMaker).

RPG MAKER(R.M)
R.M merupakan program yang difokuskan untuk membuat game bertipe R.P.G (Role Playing Game).Program ini bisa dikatakan cukup mudah untuk dipahami, karena dilengkapi dengan tools-tools yang bisa dibilang tidak terlalu rumit. Umumnya banyak orang-orang yang mulai membuat game karena kecintaanya dengan dunia R.P.G , Misalkan setelah bermain “Suikoden “ atau “Final Fantasy”,seseorang merasa ingin membuat game R.P.G. serupa. mungkin anda salah satu dari orang –orang itu, jadi anda bisa mulai mencari program ini. Sebab dengan program ini anda dapat membuat game R.P.G sebebas-bebas mungkin . Script yang dipakai dalam RPGmaker XP adalah RGSS (Ruby Game Scripting System,sebuah system script turunan dari bahasa Ruby),sementara untuk RPGmaker terbaru (RPGmaker VX) yang dipakai adalah pengembangan dari RGSS,yaitu RGSS2.

AGS
AGS adalah program yang khusus untuk membuat game bertipe “point and click”. Mungkin sebagian dari anda ada yang tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan “point and click”.
Point and click adalah jenis game yang umumnya bertipe adventure atau puzzle. Game bertipe ini dimainkan dengan menggunakan mouse sebagai penentu arah bagi karakter, game bertipe ini sendiri sempat meledak dan mengalahkan game console “Atari”, ketika awal kebangkitan game PC.
Contoh–contoh game bertipe point and click adalah:
Clock Tower ( playstation one), Broken Sword, Monkey Island ,Day of the Tentacle.Jadi bagi anda yang penasaran atau hobi membuat cerita petualangan atau fiksi ilmiah dan ingin membuat cerita tsb menjadi game , anda bisa menggunakan program ini.

FPS Creator
Software untuk membuat game bertipe First Player Shooter. Pada Demo Versionnya terdapat banyak kelemahan, antara lain: Tidak bisa mengimpor model 3d buatan sendiri, hanya bisa memasukan 25 items dalam satu project, tidak bisa memasukan video untuk bagian story, tidak bisa multi level dan yang paling parah, tidak bisa dipublish menjadi game exe.

Macromedia Flash
Macromedia Flash adalah Program yang biasanya digunakan untuk membuat banner pada WEB tetapi sekarang sudah mulai banyak digunakan untuk membuat Game secara online maupun offline. Program yang satu ini ditujukan untuk membuat game-game bertipe 3D ataupun 2D. Namun program ini lebih dikhususkan untuk membuat game bertipe 3D. Tapi untuk tambahan , program ini bisa dikatakan cukup sulit digunakan bagi anda yang belum memiliki pemahaman dasar tentang 3D maupun tentang membuat game. Kelebihan dari program ini adalah , anda dapat membuat game sekelas dengan “Medal of Honor”, “Onimusha” , “ Prince of Persia”, “Ghost Recon”, ”Grand Theft Auto”, dll . Jadi bila anda sudah mengerti tentang dasar dari membuat game, mungkin anda dapat mencoba program ini.

3D Game Studio
3D Game Studio adalah Program ditujukan untuk membuat game-game bertipe 3D ataupun 2D. Namun program ini lebih dikhususkan untuk membuat game bertipe 3D. Tapi untuk tambahan , program ini bisa dikatakan cukup sulit digunakan bagi anda yang belum memiliki pemahaman dasar tentang 3D maupun tentang membuat game. Kelebihan dari program ini adalah , anda dapat membuat game sekelas dengan “Medal of Honor”, “Onimusha” , “ Prince of Persia”, “Ghost Recon”, ”Grand Theft Auto”, dll . Jadi bila anda sudah mengerti tentang dasar dari membuat game, mungkin anda dapat mencoba program
ini.
Dalam 3D Game Studio terdapat 3 program utama, yaitu:
MED (Model Editor) :Program yang berfungsi sebagai editor model bagi 3D Game Studio
SED (Script Editor) : Sebagai pengolah script dalam 3D Game Studio, script standar yang dipakai adalah C-Script dan Lite C.
WED (Level Editor) : Sebagai pengolah level/area permainan bagi 3D Game Studio.

Profesi yang terdapat dalam pembuatan suatu game
Pada era awal komputer rumah dan konsol permainan video pada awal 1980-an, satu pemrogram dapat menangani hampir semua tugas mengembangkan permainan. Namun perkembangan yang modern, komersial layak permainan video melibatkan berbagai keterampilan-set dan staf pendukung. Akibatnya, seluruh tim sering diharuskan untuk bekerja pada satu proyek. Tipikal saat ini tim pengembangan biasanya meliputi:
Programmer : orang yang membuat dasar game dengan bahasa pemrograman.
texture maker : orang yang membuat background atau pemandangan dari atau tata ruang dari suatau game.
Testers : orang yang dipercaya untuk mencoba apakah game yang dibuat layak untuk di publikasikan.
music composer : orang yang mengatur sound atau suara dalam suatu game.
pengatur gerakan (koreografer) : orang yang mengatur pergerakan dari objek yang ada dalam sebuah game
Story board maker : orang yang membuat story board.
Publisher : orang yang mem-publish sebuah game sehingga game tersebut dapat diketahui dan dibeli oleh orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar